Nikmatnya Bubuk Kopi Hitam Asli Padang Cap Rangkiang Kaum

 


Awal bulan Agustus, aku mendapat dua bungkus bubuk kopi dari kenalan. Beliau berasal dari Dharmasraya, Padang. Sepulang dari Padang, beliau membawa oleh-oleh, di antaranya adalah bubuk kopi hitam. Tertera tulisan nama kopi tersebut “Bubuk Kopi Asli Cap Rangkiang Kaum” dengan logo Rumah Gadang.

Kemasan kopi yang dibungkus dengan berat 250 gram ini dilengkapi keterangan dari Depkes RI di bawahnya. Tidak ketinggalan tulisan usaha tenaga terampil dan berpengalaman. Bisa jadi kopi ini sudah cukup lama dikenal di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang.

“Mas , Panjenengan doyan kopi?”

 “Doyan pak. Ini lagi minum kopi,” Jawabku seraya mengangkat cangkir yang berisi kopi.

 “Kalo kopi hitam, mas?”

 “Tidak masalah pak, hanya beberapa kopi hitam kalo aku minum, detak jantungku agak cepat.”

 Memang bukan suatu alibi, pada dasarnya aku suka menyeduh kopi. Namun beberapa jenis kopi bubuk hitam yang aku minum malah membuat detak jantungku terasa lebih cepat. Akhirnya aku putuskan untuk menghindari kopi hitam tersebut.

 “Mau dicoba dulu, mas? Ini aku kasih dua bungkus.”


Tawaran yang aku sambut dengan baik, siapa tahu kopi hitam ini tidak seperti yang aku minum sebelumnya. Sampai akhirnya aku membuat kopi tersebut. Ya, rasa kopinya hampir seperti kopi kemasan yang dijual di warung, sensasi pahitnya pun terasa lebih tajam. Ampas yang dihasikan tidak banyak, dan tentunya kopi ini tidak terlalu pekat hitamnya.

Begitu aku minum, tidak ada tanda-tanda yang berubah. Detak jantung yang biasanya lebih cepat, sekarang pun tidak bereaksi. Ya, ternyata aku cocok minum kopi ini. Terima kasih pak atas kopinya. Stok dua bungkus ini bakalan menemaniku saat sedang santai menulis untuk blog.

 


Sekarang, aku mulai terbiasa dengan kopi hitam. Jika pada awal-awal menyeduh kopi dengan gula, lalu berusaha mengurangi gula, hingga akhirnya sekarang lebih suka tanpa gula, Sampai sekarang, sudah banyak teman yang mengirimi kopi dari nusantara. Mungkin karena itu juga akhirnya banyak tulisanku tentang kopi.


Komentar

Postingan Populer